NAMA : DIAR SIRAZUDIN BARIZ
NPM : 51417658
KELAS : 3IA07
Konsep
resolusi layar pada perangkat bergerak
1.
Resolusi HD
(720p)
HD adalah singkatan dari High Definition. HD berarti pixelnya
1280 x 720.
2.
Resolusi Full HD (1080p)
Full HD adalah kelanjutannya dan sekarang sudah menjadi
standar resolusi layar di pasaran. Full HD adalah 1920 x 1080 pixel.
3.
Resolusi QHD (2k)
QHD atau
Quad HD memiliki definisi empat kali lipat dibanding HD Standar. Itu berarti
anda bisa memasukkan jumlah pixel empat biji layar HD kedalam satu layar QHD
dengan ukuran sama. Resolusi pixel QHD adalah 2560 x 1440
4.
Resolusi Ultra HD (4k)
4K adalah
4096 pixel, dan Ultra HD adalah 3840 pixel. Ultra HD adalah 3840 x 2160,
sementara 4K adalah 4096 x 2160. Mereka biasanya disingkat menjadi 2160p
berhubung perbedaan jumlah pixelnya tidak begitu besar.
Konsep layout pada apps perangkat bergerak
Linear Layout
LinearLayout adalah
sekelompok tampilan yang menyejajarkan semua anak dalam satu arah, secara
vertikal atau horizontal
Relative Layout
RelativeLayout adalah
Layout ini menampilkan komponen dalam posisi relatif. Posisi masing-masing
Layout dapat ditentukan sebagai relatif terhadap elemen saudara (seperti di
sebelah kiri atau di bawah tampilan lain) atau pada posisi relatif terhadap
area RelativeLayout induk (seperti sejajar dengan bagian bawah, kiri
atau tengah).
Frame Layout
Layout ini adalah
layout yang paling sederhana. Layout ini akan membuat komponen yang ada
didalamnya menjadi menumpuk atau saling menutupi satu dengan yang lainnya
(layering). Komponen yang paling pertama pada layout ini akan berada dibawah
komponen-komponen diatasnya. Pada
penggunaan fragment, FrameLayout memiliki kemampuan untuk
menjadi container untuk tiap fragment didalam sebuah Activity.
Grid Layout
GridLayout ini
diperkenalkan pada API level 14 (Android 4.0 / Ice Cream Sandwich), layout ini
akan memberikan kemudahan dengan mengakomodir komponen didalamnya ke dalam
bentuk Grid (Kolom dan Baris). Dalam sebuah referensi, GridLayout merupakan
komponen Layout yang sangat fleksibel dan dapat dimanfaatkan untuk
menyederhanakan pembuatan Layout UI yang bersifat kompleks dan
bersarang yang terdapat di komponen Layout lainnya.
Konsep tipografi yang sesuai
untuk disain grafis apps perangkat bergerak
1. Roman
Huruf di keluarga Roman memiliki ciri khas
tersendiri yang muda dikenali. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketipisan
pada setiap garis di huruf – hurufnya. Semua huruf yang ada di bawah naungan
kategori Roman memiliki ciri khas klasik, anggun, tegas, lemah gemulai dan
feminim. Keluarga huruf Roman sudah ada sekitar abad 11 atau 12. Karena itu,
huruf Roman merupakan salah satu kategori huruf yang paling tua. Jenis font
yang ada di kategori huruf Roman antara lain Bodoni, Georgia, dan Times New
Roman.
2. Egyptian
Huruf yang berada di bawah keluarga Egyptian
memiliki ciri huruf seperti papan. Berbeda dengan kategori Roman yang memiliki
tebal tipis di hurufnya, Egyptian memiliki ketebalan yang hampir sama di setiap
hurufnya. Kesan yang ditimbulkan oleh jenis huruf Egyptianadalah kokoh, kuat,
kekar, dan stabil. Jenis font yang ada di kategori Egyptian adalah Rockwell dan
Typo Slab – Serif.
3. Sans Serif
Huruf yang berada di bawah keluarga Sans Serif
hampir mirip dengan huruf yang berada di bawah keluarga Roman, hanya saja jenis
huruf ini tidak memiliki sirip di ujung. Ketebalan hurufnya pun tidak tebal
tipis, melainkan solid. Kesan yang ditimbulkan jenis huruf ini adalah modern,
kontemporer, dan efisien. Bisa dibilang huruf di kategori Sans Serif merupakan
versi modern dari Roman. Jenis font yang ada di kategori Sans Serif adalah
Arial, Century Gothic, Futura, Helvetica, Lucida Grande, Trebuchet MS, dan
Verdana.
4. Script
Sama seperti namanya, huruf yang berada di bawah
kategori ini memiliki rupa layaknya tuliksan tangan. Tetapi bukan huruf cetak
ya. Seperti tulisan tangan sambung yang dibuat dengan pena, kuas, atau pensil
tajam. Biasanya huruf di bawah kategori ini memiliki ciri khas miring ke kanan.
Kesan yang ditimbulkan oleh kategori huruf ini adalah pribadi dan akrab. Jenis
font yang ada di kategori ini adalah Freestyle Script dan French Script.
5. Miscellaneous
Huruf yang berada di kategori ini tidak memiliki
ciri khas atau rupa yang spesifik seperti 4 kategori lainnya. Huruf yang berada
di bawah kategori ini biasanya merupakan pengembangan dari bentuk – bentuk yang
sudah ada, hanya ditambahkan hiasan, ornament atau garis – garis dekoratif.
Jenis font yang ada di bawah kategori ini sangat banyak, antara lain Comic Sans
MS, Joker, dan Magneto.
Format gambar yang dapat
disisipkan dalam apps perangkat bergerak
·
JPEG
·
GIF
·
PNG
Konsep warna pada apps perangkat
bergerak
Dalam pengolahan image,
dikenal dua macam warna paling populer yang menjadi standar
internasional, yaitu
RGB dan CMYK.
1. RGB adalah singkatan
dari Red-Green-Blue. 3 warna dasar yang dijadikan patokan warna secara
universal (primary colors). Dengan basis RGB, seorang desainer bisa mengubah
warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal.
Dasar warna ini menjadi standar pasti dalam konteks profesional, seorang
desainer tidak bisa mengatakan sebuah warna berdasar pertimbangan subektif,
misal: biru muda menurut orang awam adalah birunya langit di siang yang cerah,
hal ini bisa jadi berbeda bagi orang lain dengan pertimbangan yang lain pula.
Untuk menyamakan
persepsi dalam definisi warna, perlu adanya standar internasional dalam konteks
kerja profesional. Dengan standar RGB, seorang desainer dapat mengatakan warna
dengan komposisi angka yang jelas, warna biru memiliki komposisi perpaduan
antara unsur Red, Green, Blue dengan derajat angka untuk R : 115 – G : 221 – B
: 240.
2. Standar warna
internasional lainnya yang digunakan untuk dunia percetakan adalah CMYK yang
merupakan Singkatan dari Cyan – Magenta – Yellow, dan K mewakili warna hitam.
Seperti halnya RGB, CMYK menggunakan standardisasi warna dalam koordinat.
Rangenya antara 0 – 100 sehingga kehadiran unsur K sangat menentukan. Berapapun
koordinat CMY-nya, selama K- nya 100 maka warna tersebut akan jadi warna hitam.
CMYK merupakan standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan
standar industri printing. Sampai saat ini dunia cetak- mencetak memakai 4
warna dasar dalam membuat warna apapun.
Konsep input pada apps perangkat
bergerak
Input adalah semua data
dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya
diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen
piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer,
atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data
dari luar ke dalam mikroprosesor.
Input pada apps
perangkat bergerak berarti memasukan gambar atau grafik yang telah kita buat
untuk membuat rangkain gambar bergerak kedalam aplikasi pengolah animasi
(gambar bergerak)
Disain grafis untuk apps
perangkat bergerak yang sesuai dengan user experience dan user interface
·
Adobe Photoshop
·
Adobe InDesign
·
Adobe Illustrator
·
Corel Draw
Perangkat lunak/fungsi/ fitur
yang digunakan untuk membuat disain grafis pada apps perangkat bergerak
·
Macromedia Flash
·
Houdini Animation Software
·
Power Animator
·
Adobe Photoshop
·
Blender
·
Adobe Flash
Tidak ada komentar:
Posting Komentar